Pentingkah Fitur Waterproof Untuk Smartphone

Fitur water resistance atau waterproof bukanlah sesuatu hal yang baru. Harga Smartphone 2017 yang memanfaatkan teknologi waterproof adalah Sony Mobile. Bisa dibilang Sony ini adalah pelopor dari munculnya smartphone dengan kemampuan tahan air atau waterproof. Yang dipopulerkan dengan produknya yaitu Sony Xperia Z yang sudah diluncurkan pada tahun2012 lalu.

Namun tren dari smartphone dengan kemampuan tahana air ini kembali menjadi perbincangan pada saat munculnya smartphone dari Samsung yang juga memiliki fitur tahan air ini, yaitu Samsung galaxy S7. Tidak hanya Samsung yang memberikan perlawanan, namun Apple juga memberikan perlawanan dengan hadirnya iPhone 7 yang juga dilengkapi dengan fitur tahan air. Namun semakin hari fitur waterproof ini seakan menjadi fitur wajib yang harus ada pada smartphone flagship golongan high-end. Nah sebenarnya sebenarnya seberapa pentingkah fitur ini untuk smarphone?

Fitur Waterproof

Definisi dari fitur tahan air / waterproof

Banyak sekali istilah untuk menamai kemampuan ini, ada yang bilang water resistant dan juga ada yang bilang waterproof, sebenarnya apa sih perbedaan dari kedua istilah ini?

Istilah water resistant  ini dapat diberikan kepada smartphone yang memiliki kemampuan tidak akan rusak jika smartphone itu terkena percikan air, seperti air hujan dan juga tumpahan air minum.

Sedangkan waterproof sendiri adalah istilah yang diberikan kepada samrtphone dengan kemampuan dapat ditenggelamkan di dalam air, hingga mencapai jangka waktu tertentu.

Setiap smartphone dengan kemampuan tahan air pasti memiliki sertifikai IP. Nah kode sertifikasi IP yang dibelakangnya diikuti dengan dua angka, dua angka inilah yang menentukan kekuatan smartphone tersebut terhadap air. Semakin tinggi nilai dari dua angka ini makin bagus ketahanan smartphone tersebut dari air.

Hingga saat ini sebenarnya belum ada smartphone dengan kemampuan tahan air. Smartphone android dengan golongan high-end yang kita kenal hanya dapat menahan air untuk kedalaman 1 meter dan dengan batas waktu yang sudah ditentukan oleh setiap manufaktur. Tentunya smartphone – smartphone ini memiliki sertifikat IP68.

Biaya untuk membuat smartphone tahan air sangat mahal

Kenapa hingga saat ini belum banyak smartphone yang memiliki kemampuan tahan air?. Ternyata usut punya usut untuk memproduksi smartphone  dengan kemampuan tahan air ini diperlukan biaya yang cukup mahal. Jika menambahkan fitur tahan air ke dalam smartphone, akan dapat menaikkan harga dari smartphone itu hingga 30 persen dari harga awal.

Belum lagi untuk riset yang memastikan smartphone ini benar – benar tahan air atau tidak sebelum dijual dipasaran. Dengan memastikan http://hargahub.com/3346/daftar-harga-xiaomi-redmi-terbaru/ smartphone itu tidak memiliki kerusakan sekecil apapun yang dapat menyebabkan air bisa masuk ke dalam smartphone.

Belum ada jawaban pasti mengenai seberapa pentingkah fitur waterproof bagi smartphone. Karena dari sekian banyak kerusakan yang terjadi, kerusakan yang paling umum adalah smartphone rusak terkena air.

About Abdul Rahman Hafiz

Suka dengan teknologi terkini dan ngoprek. Gagal adalah makanan sehari-hari yang tidak luput darinya. Rasa ingin tahu yang besar membuatnya selalu semangat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *